FDS, Formula Membina Keluarga Bahagia

FDS, Formula Membina Keluarga Bahagia

SEMANU-Panasnya terik matahari tidak melunturkan semangat para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk berkumpul di balai dusun Dengok Kidul, Pacarejo pada Rabu (10/1). Hari itu seperti biasa, para KPM yang terdiri dari ibu-ibu dan lansia melaksanakan Pertemuan Kelompok yang diadakan sebulan sekali. Pertemuan kelompok awal bulan ini dimulai kembali setelah sebulan tidak bersua.

R. Wijayanta Agung Nugroho selaku pendamping PKH Desa Pacarejo dengan didampingi Suro Tri Wibowo selaku Koordinator Kabupaten (Korkab) akan memulai hal baru pada pertemuan kali ini. Pendamping akan melaksanakan Family Development Session (FDS) untuk pertama kalinya. Family Development Session (FDS) ini merupakan salah satu pertemuan yang berfungsi untuk membahas informasi di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan keluarga.

Dalam kegiatan FDS ini pendamping telah mempersiapkan beberapa materi yang berbeda dibandingkan pertemuan kelompok biasanya. Berbekal modul, poster, dan laptop pendamping memulai FDS pertamanya. Setelah membagikan buku dan poster untuk dibaca dan dipahami KPM, pendamping memulai kegiatannya dengan berdialog terlebih dahulu mengenai tema pertama kali itu, yaitu “Pengasuhan Anak”.

Selanjutnya pendamping meminta KPM untuk bergiliran membaca modul, sehingga para KPM juga merasa dilibatkan penuh dalam kegiatan FDS tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini mampu membangkitkan semangat KPM untuk lebih banyak berinteraksi dengan KPM mengenai permasalahan keluarga khususnya untuk pengasuhan anak. Hal ini tentu memudahkan pendamping untuk melakukan pendampingan terhadap anggota KPM.

Dengan adanya FDS ini diharapkan pendamping PKH dapat membantu KPM untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengasuhan anak yang tepat. Dan pada akhirnya KPM dapat menerapkan pola asuh yang tepat pada anak sehingga terciptalah keluarga yang lebih bahagia.