UPPKH KABUPATEN GUNUNGKIDUL - www.pkhgunungkidul.com
MARS PKH, Sebait Lirik Pemantik Semangat - www.pkhgunungkidul.com

MARS PKH, Sebait Lirik Pemantik Semangat

DETAIL BERITA 02 Februari 2018 08:30 WIB,   Jurnalis: Imas Arista, S.T.,   Dibaca : 1651kali
  Foto : KPM diajarkan Yel – Yel oleh pendamping  
Share :

SEMANU- “Mari sadari bangsa ini besar harus dibangun oleh orang - orang tegar, kita tingkatkan komitmen dan dukungan tuk mencapai Indonesia Jaya. Sebait lirik penuh makna yang kala itu menggema di sebuah balai dusun kecil bernama Kranggan, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. Pagi yang terasa sejuk sebab hujan tadi malam yang mengguyur dan matahari yang masih belum terlalu terik. Tampak wajah yang biasanya kaku berubah menjadi lebih ceria dan dipenuhi semangat. Lantunan suara yang didominasi wanita bernada mars menggetarkan hati setiap orang di tempat tersebut tak terkecuali beberapa pendamping PKH yang hadir.


 

                                                                       (KPM melantunkan MARS PKH dan Yel-yel PKH)


Pertemuan kelompok yang diadakan rutin sekali dalam satu bulan itu nampak berbeda tak seperti biasanya. Pendamping mencoba untuk mengajarkan Yel -  Yel dan Mars PKH kepada para KPM (Keluarga Penerima Manfaat).  Muda maupun tua terlihat antusias berbekal catatan kecil lirik yang mereka bawa. Pendamping mulai mengajarkan lirik demi lirik sesuai irama. Satu kali diajarkan para KPM masih cukup canggungdalam bernyanyi. Setelah beberapa kali akhirnya tercipta harmonisasi nada yang seimbang.

 

Tiba saatnya menyerukan Yel - Yel PKH. Pendamping meminta satu orang untuk memimpin kelompok namun tidak ada yang memberanikan diri maju ke depan. Akhirnya ditunjuklah salah seorang Ibu yang dinilai paling bersemangat. "ARE YOU READY?"  kalimat tersebut diteriakkan lantang dan begitu selanjutnya hingga ditutup dengan sorak sorai semua orang yang hadir.



                                              (Salah satu KPM memimpin kelompok untuk menyerukan Yel-yel PKH)

Bukan sekedar nyanyian, dibalik liriknya tersimpan makna mendalam. Tentang bagaimana dan mengapa PKH itu ada serta tujuan mulia yang diemban program ini. Membangkitkan motivasi diri KPM lewat Mars yang diajarkan juga merupakan salah satu tujuan diadakannya sesi ini selain untuk mengembangkan materi saat pertemuan kelompok agar tidak monoton. Ketika KPM sudah termotivasi diharapkan kedepannya terjalin sinergi antara Pendamping dan KPM agar tujuan program dapat tercapai.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas



UPPKH KABUPATEN GUNUNGKIDUL - www.pkhgunungkidul.com
Jl. KH Agus Salim No 125 Wonosari 55813 Gunungkidul, DI Yogyakarta
Copyright © 2019 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web design by : www.watulintang.com